Selasa, 13 September 2011

Life is a Game

Hidup begini sulitnya. Layaknya sebuah game yg meningkat level hingga kita benar-benar akan menghadapi satu kali tantangan terbesar terakhir dalam permainan.

Tidak bisa dibilang sebagai maniak game, yg tau banyak tentang taktik dan cara-cara memainkan game agar lebih mudah ditaklukkan. Atau berpetualang dari satu game ke game lainnya. Hingga otak terisi penuh dengan game history.

Saya senang game. Bagi saya, adalah sebuah kehidupan tersendiri ketika mendalami karakter game. Berimajinasi penuh, seakan-akan adalah tempat kita disana, kehidupan kita yg lain.
Satu hal terpenting, jangan pernah lewatkan setiap petunjuk yg diberikan. Sebelum maju, kamu tidak akan tau apa-apa tentang dunia macam apa di depan yg akan kau taklukkan satu demi satu. Dengan itu setidaknya, berhati-hati kita setiap melangkahkan kaki.


Saya bermain tanpa menghiraukan setiap petunjuk. Saya ingin terbawa dalam dunia asing yg membuat saya bingung. Dan, memang seperti itulah hidup kenyataannya. Tak ada yg kita tau tentang hidup ini ketika kita baru terlahir. Bahkan kita menangis menghadapi dunia baru yg tampak asing dan menyeramkan ke depannya ini.

Ku hiraukan setiap petunjuk pengawal game, dan ku dalami kedalaman misteri dunia asing itu. Tidak bisa ku bohongi diriku sendiri bahwa setiap kali memulainya aku ketakutan dan kekhawatiran tentang apa yang akan terjadi, menumpuk di kepalaku.

Adalah seorang sepupu perempuan, yang adalah teman bermainku sejak kecil, seringkali ku ajak bermain game bersama-sama dengan aku dan adikku. Aku ingat, dia senang sekali dengan tema petualangan. Dengan latar tempat yang menarik, penuh warna dan tokoh game yang lucu dan menghibur.

Kami bermain, dan setiap kali dia (tokoh yang dimainkan sepupu perempuanku) terjatuh atau mati, dia selalu berteriak keras membuat kami kaget. Aku sampai takut dimarahi orang tua karna bermain game seheboh itu. Tapi disinilah dia membuatku tertarik. Karna sekarang aku akui, aku rindu teriakannya. Bukannya aku mengaku aku tidak seperti dia. Sungguh, aku juga sama kagetnya seperti dia ketika hal mengagetkan terjadi di tengah game (yah setidaknya tidak separah dia). Aku sadar itu semua karna ketegangan awal yang terlalu berlebihan dan kekurangsiapan menghadapi hal menyeramkan yang akan dihadapi di depan.

Bagaimana pun sebuah game membuat pemainnya penasaran menaklukkan hingga akhir. Tapi bagiku, seringkali putus asa lebih sering menjadi akhir dari permainanku. Aku bukan seorang gamers yang dengan antusias mencari cara singkat menaklukkan sebuah game agar penasaran hilang. Seringkali aku justru terbawa dalam misteri tingkat tinggi game yang kumainkan. “ternyata aku segini saja” pikirku, lalu aku meninggalkan perjalananku dari sana seringkali. Meskipun tidak setiap saat seperti itu.

Dari level ke level, setiap petunjuk baru muncul, yang akan membantumu mengenal sedikitnya tentang apa yang akan kau hadapi di level selanjutnya dan apa yang harus kau lakukan. Di sini juga kau diberitaukan kemampuanmu selama ini dan di posisi mana kau berada di antara para pemain game lainnya. Ya, inilah game, sebuah kemenarikan yang membuatmu tak berhenti untuk meluangkan penasaranmu. Kau tidak bisa berhenti berjalan karna waktu menarik-narikmu. Jika kau berhenti, lebih cepat kesempatanmu untuk mati.

Dan, hidup ini adalah sebuah permainan seperti game yang kita mainkan di PC, PS 1, PS 2, PS 3, X-BOX, PSP, NINTENDO DS dll. Semua ini kita mainkan demi menaklukkan satu demi satu tantangan hingga kita benar-benar mati dan tidak lagi ada sisa nyawa di tangan kita. Mengawali permainan tanpa petunjuk apa pun di tangan kita, dengan kekhawatiran bertumpuk tentang apa yang akan menanti kita di masa depan, shock dengan segala kejatuhan kita akan lawan. Mundur karna menghindari lawan yang membuat kita takut, menyiapkan segenap keberanian untuk maju lagi, berkali-kali baru bisa menaklukkan, melatih kesabaran dan ketahanan, bangkit dari mati berkali-kali, lelah, putus asa, itulah hidup. Sebuah permainan yang paling besar yang pernah ada. Seperti tujuan pembuat game sejati, ialah Tuhan, ingin melihat permainan para pemain, dan mencari para pemain garis depan yang mampu mengalahkan pemain-pemain yang tewas dengan cepat di belakang.
 
Kau kebingungan menghadapi sebuah dunia asing yang menantimu secara misterius dan tak mampu diprediksi

Tidak ada komentar:

Posting Komentar