Kamis, 27 Februari 2014

Orang Waras dan Orang Gila


Lu kuliah buat apa?

Buat dapet ilmu, bukan ijazah.

Tapi kan sayang udah bayar mahal-mahal.

Sayang apaan? Masa muda lu lu abisin buat seneng-seneng sama temen, hangout bareng, nonton film Hollywood tiap hari, ngabisin uang buat ngoleksi tas dan sepatu aja lu ga bilang sayang. Setelah mati semuanya  ga guna bro.

Iya, tapi kan kasian yang udah  ngebiayain kita.

Gua manfaatin buat dapet ilmu kok. Selebihnya yang ga penting ya gua abaikan. Sebenernya mereka pengen kita dapet ilmu kan?!

Iya sih, tapi..

Omongan lu ga masuk akal.

Tapi kan ijazah itu sebagai bukti kalo kita udah punya ilmunya. Trus kita bisa kerja.

Jadi kita kuliah supaya dapet bukti kalo kita udah pinter? Jadi kita kuliah supaya bisa dapet kerja? Trus?

Ilmu kita bisa dipake buat bertahan hidup.

Jadi kita nyari ilmu buat bertahan hidup? Oh sialan!

Ya itu salah satunya..

Tapi inti omongan lu gitu kan? Kita belajar biar dapet ilmu buat bisa kerja buat bertahan hidup.

Ya emang itu kebutuhan kita kan?

Sejak ada lembaga pendidikan aja jadinya kayak gitu. Kita dipaksa bayar supaya bertahan hidup. Padahal belajar skill buat bertahan hidup ga serumit mesti bayar buat ikut tes masuk suatu lembaga, bayar buat belajar dan ngikutin kata-kata guru-guru itu. Ilmu itu perlu dicari supaya kita sadar akan sesuatu tentang misteri kehidupan, menyadarkan orang lain dengan ilmu kita, menyelesaikan masalah dengan ilmu kita. Skill buat bertahan hidup beda lagi. Kalopun keduanya berhubungan, ga beres segalanya mesti didapet dengan duit. Karna kalo gitu lu bertahan hidup atau diakui karna duit, bukan karna usaha lu. Kalo lu bilang bapak lu berusaha buat dapet duit, intinya segalanya bertujuan pada duit kan? Bertahan hidup yang lu maksud juga dengan duit kan? Ga beres.

Trus kenapa? Gua ga paham omongan lu.

Ya iya, otak lu dipenjara sih, ama lembaga-lembaga pendidikan itu.

Wah lu kok jadi kayak pemberontak sih.

Bukan, gua orang waras diantara orang gila.

Bro, kita ikutin aja jalannya, di balik kesabaran ada kesuksesan. Lu berontak gitu juga, dunia ya begini adanya.

Iya emang sih, mesti sabar hidup di dunia yang didominasi orang gila gini. Yang waras malah dibilang gila, mesti sabar. Tapi kalo ngikutin orang gila terus-terusan, gua bisa jadi gila juga cuy!

Gua ga ngerti dah yang mana yang gila, pala gua pusing.

Woy, ini penting dibandingin pusing buat sekedar dapet nilai bagus atau nyenengin dosen lu!

Buat gua si ini ga penting.  Yang penting gua bertahan hidup, dan diakui di dunia yang sekarang.

Bagus deh. Kalo dunia yang sekarang nuntut lu untuk berani bunuh orang, ngeseks di jalanan, ngerampas makanan dari tangan orang, lu mesti ikutin biar tetep bertahan hidup.

Mau gimana lagi.

Gua ngerti. Gila atau pun waras, yang penting bertahan hidup. Kalo ga ngikutin tuntutan dunia, kita kalah dan mati, gitu?

Hukum alam, bro..

Gua justru ngerasa kalah kalo gua mengkhianati apa yang gua anggap bener, gua mati kalo gua ga dengerin suara nurani gua lagi. Buat gua, itulah beda manusia dan hewan bro.

Maksud lu, gua hewan?

Di dalam diri manusia emang ada dorongan hewan. Tapi lu kalah kalo itu nguasain diri lu.

Halah, intinya mah ga usah neko-neko dah idup di sini. Kalo emang lu bisa ngubah dunia, tunjukkin ke gua.

Kenapa nggak lu bantuin gua? Gua orang waras di tengah orang gila. Mana paham mereka ama yang gua omongin.

Nah lu ga bisa apa-apa kan? Ikutin aja jalannya. Lagian gua mah pengen idup yang sederhana aja. Hidup gua sebentar di dunia. Gua mesti menggoreskan nama yang bisa dibanggakan.

Tujuan hidup lu itu ya? “menggoreskan nama yg bisa dibanggakan”.

Iyalah, itu dorongan alami manusia bro. terserah dah lu mo bilang apa.

Iya gua tau, gua juga ngerasain dorongan begitu. Tapi kalo dipikir lagi kalo tuhan beneran ada, emang bener tujuan lu diciptain cuma buat menggoreskan nama? Egois banget ga sih?

Ya tergantung, Tuhannya otoriter apa toleran, hahaha

Bener juga lu. Menurut lu?

“tuhan menurut persangkaan hambanya bro”, gua pernah denger di khotbah jum’at kata si penceramah. Jadi ya… tergantung persepsi lu tentang tuhan.

Gila banget ya. Kalo tuhan serius ngomong begitu, gua mulai ngeraguin semua hal.

Halah elu mah, jangan-jangan lu ga percaya ama tuhan?

gua menurut persangkaan lu aja dah, haha.

Parah lu.

Kok parah? Tuhan itu ga mungkin ga ada buat gua. Dan justru kalo tuhan ada, se-ga ada kerjaan kah tuhan nyiptain kita terserah kita aja mo ngapain?

Yaa..di balik pilihan kita kan disediain konsekuensi.

Nah kalo hidup buat menggoreskan nama baik konsekuensinya apa bro?

Maksud lu surga apa neraka gitu?

Apa pun yang termasuk konsekuensi.

Tergantung sih bro.

Bukannya kita jadi pemimpin di bumi?

Ya menggoreskan sejarah yang baik kan juga memimpin keluarga dan diri kita ke jalan yang lurus.

Sesederhana itu ya?

Well, tuhan maha memaklumi.

Pertanyaan gua sekarang, suara nurani gua ini dateng dari tuhan bukan? Kerinduan gua sama dunia yang sempurna dateng darimana? Apa lu bilang gua sakit karna perasaan gua ini?

Kalo lu kaitin ke tuhan begitu, gua ga bisa jawab lah.

Menurut gua, orang waras bisa jadi gila karna dibikin gila. Orang gila kan bisa mikir tentang ide-ide kayak orang waras. Tapi mereka sesat pikir.

Ngomong-ngomong soal itu, orang gila dimaklumi tuhan kan? Makanya ga dihukum karna ga shalat, trus lepas dari kewajiban agama, bener kan gua?

Ah kawan, you just got the point!

Hahaha!

Tapi menurut gua lebih enak jadi orang waras daripada gila bro. orang gila ga akan dapet sebanyak yang didapet orang waras. Reward itu adil.

Menurut lu aja lu yang waras. Tapi kenyataannya mana kita tau. Lagian batas antara waras dan gila tipis. Beda warna kalo diliat dari kacamata beda-beda.

Bener. Yang ada cuma saling mengklaim kepemilikan nama. Segalanya terlalu misterius.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar