Selasa, 29 November 2016

ARASHI O KATAROU (Let’s Talk about Arashi)



Jepang adalah Negara yang berprinsip bahwa kesatuan harus lebih diutamakan daripada individualitas. Dibandingkan Negara-negara barat yang lebih mengutamakan karir secara pribadi, Jepang melihat segala sesuatu secara keseluruhan. Semua bisa dilihat dari cara mereka meletakkan kaisar sebagai simbol Negara padahal kaisar tidak bekerja secara aktif untuk Negara. Grup peneliti Jepang akan bekerja bersama tanpa mengharapkan masing-masing mereka dipuji namanya atas kerja kerasnya. Yang tua, yang lebih pengalaman. Hukum alam itu tidak bisa ditentang. Itu peraturan sosial di Jepang.

Dan Arashi adalah salah satu pembuktian atas prinsip Jepang itu. Jika bersama-sama, hasil yang dicapai akan lebih besar daripada jika sendirian. Satu orang Amerika bisa mengalahkan satu orang Jepang. Tapi 5 orang Amerika tidak bisa mengalahkan 5 orang Jepang. Kalau berada dalam kelompok, kekuatan orang Jepang akan meningkat. Lihat arashi.

Kenapa bicara tentang Arashi?

Arashi telah dan sedang menjadi sebuah fenomena sosial di Jepang. Popularitas mereka sedang berada pada puncaknya. Meroketnya popularitas mereka bahkan dijadikan sebuah subjek mata kuliah di salah satu universitas swasta terkenal di Jepang. Mereka dijadikan bahan penelitian.

Saya pernah ditanya,”kenapa ya Arashi bisa terkenal? Padahal mukanya ga ada yang ganteng.” Waktu itu saya tidak bisa jawab, karna saya hampir tidak tau apa-apa tentang Arashi. Saya suka Ninomiya Kazunari, tapi siapa Arashi dan bagaimana Arashi, saya hampir tidak tau.

Sekarang saya mungkin bisa berpendapat tentang Arashi setelah sedikit tau tentang mereka. Apa yang membuat Arashi bisa seterkenal sekarang?

Kita mulai.

Grup ini terdiri dari 5 unsur. Ya, unsur. Perencanaan kreatif, kepemimpinan fleksibel, bakat seni gunung es, komunikasi professional, dan hiburan yang alami. 5 unsur yang terus berkembang itulah yang membawa Arashi di tempatnya yang sekarang. 5 unsur itu dibungkus dengan kepolosan dan kerja keras yang terus mematangkan diri entah sampai kapan.

Arashi sama seperti grup idol yang lain. Dibentuk dan dinamai oleh pihak luar, yang mengharuskan mereka mengembangkan sendiri kesatuan mereka. Berjalan dengan semangat awal yang meletup, kehilangan tujuan di tengah perjalanan, terbangun oleh teriakan semangat dari para pendukungnya, dan akhirnya memilih untuk menjadi apa yang orang lain inginkan dari mereka. “I am here because of you”, adalah tujuan grup Arashi. Grup Arashi adalah grup yang dibuat sendiri oleh para pendukungnya, termasuk 5 personilnya masing-masing. Mereka seperti substansi yang transparan, yang tidak punya kekuatan tanpa kesatuan, dan diwarnai oleh kesatuan pendukung Arashi.

5 individu yang ada di Arashi adalah salah lima dari jutaan pendukung Arashi. Arashi sesungguhnya punya 6 personil, 5 idol dan jutaan pendukung Arashi. Ya, 5 idol itu sendiri yang mengatakan seperti itu. Karena mereka sadar bahwa Arashi yang transparan diwarnai oleh warna-warna para pendukungnya. Apa yang para pendukungnya mau tentang Arashi, seperti itulah Arashi akan menjadi.

Beberapa orang bilang kalau konsep grup Arashi adalah boys next door. Mereka adalah individu yang bisa kita temukan di sekitar kita. Mereka idol yang memilih untuk membiarkan kepolosan mereka tetap apa adanya di depan maupun di belakang layar. Membandingkan mereka dengan grup idol lain? Arashi adalah sekumpulan orang yang akan berbicara tentang apa saja tanpa malu-malu dan menahan diri, di depan layar. Iya, di depan orang yang menganggap mereka idol. Itu adalah jalan yang mereka pilih. Tapi jalan seperti itulah yang membuat mereka bertahan lebih dari 10 tahun untuk tetap bersama-sama.

5 individu di Arashi adalah individu yang punya cita-cita dan pemikirannya masing-masing. Bukanlah sesuatu yang gampang meleburkan 5 cita-cita yang berbeda. Konflik, kehilangan kesabaran, adalah sesuatu yang manusiawi dan pernah mereka rasakan. Akan lebih mudah jika berjalan sendiri membawa cita-cita pribadi, semuanya akan berpikir begitu. Apa yang membuat mereka bertahan adalah karna mereka menyadari ada yang senang jika mereka bersama, “kalau memang begitu kenapa tidak dinikmati saja perjalanan ini?”

“Ayo kita nikmati saja, kita tertawa saja”, adalah “rasa” dari perjalanan Arashi. Mereka tau bahwa mereka berjalan tanpa tau tujuan. Mereka disatukan oleh pihak luar, menyanyikan lagu-lagu buatan orang lain, melayani tamu-tamu yang diundang orang lain, banyak hal yang harus mereka hadapi tanpa mereka pilih. Di tengah rasa bingung tentang jati diri, mereka terus mencoba menajamkan keahlian supaya bisa benar-benar dianggap idola. Ya, ada rasa lelah, karna tak berbakat, tak punya ketertarikan, bosan, hingga akhirnya mereka sepakat untuk menikmati perjalanan apa adanya. “ingin menjadi diri sendiri, supaya perjalanan ini bisa dinikmati”, adalah cara Arashi bertahan di lingkungan yang tidak benar-benar mereka inginkan untuk ada di situ. Mereka ingin tertawa di tengah kesibukan pekerjaan, dan menjadilah mereka wakil dari diri kita sendiri.

5 orang yang ada di Arashi adalah wakil dari diri kita. Itulah yang beberapa orang rasakan hingga mereka pergi ke Arashi ketika mereka ingin tertawa dan menikmati hidup di tengah kesibukan rutinitas. Arashi benar-benar hidup seperti kita hidup. Benar-benar menertawakan sesuatu yang lucu bagi mereka, menangisi sesuatu yang mengharukan dan menyedihkan, kebingungan di tengah-tengah perjalanan yang tanpa tujuan. Dan kehidupan itulah yang ingin mereka bagi dengan para pendukung mereka.

Jika kita bicara tentang keseimbangan unsur di dalam Arashi, kita harus mulai dari unsur terpenting di Arashi yang disimbolkan dengan warna ungu. Ungu melambangkan sesuatu yang elegan dan mewah. Warna yang cocok dengan kepribadian pertama yang akan kita bicarakan, yang termuda, Matsumoto Jun. Dipilih langsung oleh pendiri agensi terbesar di Jepang, dan menjadi yang pertama memegang peran utama di televisi dibandingkan 4 orang lainnya di Arashi, Matsumoto pernah dikenal sebagai raja idol. Berjalan dengan julukan itu membuat Matsumoto mencoba untuk benar-benar menjadi idol yang sempurna sebagai seseorang yang perfeksionis. Tapi dia mengakui bahwa dia lelah dan kehilangan jati dirinya. Menjadi idol sangat melelahkan untuk MatsuJun yang perfeksionis. Meskipun dia hampir selalu kelihatan cool dan mempesona di depan layar, dia sebenarnya juga orang biasa yang punya sifat kekanakan dan keisengan yang besar.

Matsumoto adalah orang yang paling berperan dalam menyatukan 5 unsur Arashi yang berdiri terpisah-pisah. Matsumoto yang mengumpulkan, merekatkan, dan berinisiatif untuk melakukan sesuatu. “melakukan apa lagi nih?”, adalah bagiannya Matsumoto. Matsumoto adalah raja inisiatif, ide dan kreatifitas. Dia adalah yang paling memikirkan Arashi harus kemana lagi selanjutnya. Jika bukan karna dia, 5 unsur Arashi akan masih berdiri di tempatnya masing-masing yang berbeda-beda tanpa penyatuan. Dia adalah unsur perencanaan kreatif. Dialah yang bekerja hingga larut malam untuk membuat konser Arashi bisa dinikmati dan berbeda dari yang lainnya. Dia yang memanage di bagian mana setiap unsur berperan. Dia menyadari kapasitas dirinya yang tidak sempurna dan berusaha menyempurnakan Arashi dengan menyatukan kelima unsur yang berbeda-beda demi menyesuaikan diri di lingkungan yang berbeda-beda.

Unsur penting kedua adalah warna biru. Simbol kreatifitas seni dan pemikiran yang mendalam. Leader de jure Arashi, Ohno Satoshi, yang tertua di Arashi. Keunikan dan bakat-bakat yang tertidur ada di dalam dirinya. Dia adalah seniman yang penuh pemikiran. Yang pertama dan satu-satunya melakukan pameran seni atas karya-karyanya di dalam sejarah idol Jepang, dan yang paling berbakat di bidang utamanya Arashi, menyanyi dan menari. Ohno adalah yang paling lama untuk dikenali di antara 4 orang lain di Arashi secara kepribadian, karna dia adalah yang paling pendiam dan jarang berpendapat. Meskipun dia adalah leader secara de jure, dia hampir tak pernah melakukan tugas sebagai pemimpin di dalam grup. Dia adalah kepribadian paling tenang di Arashi, tapi juga paling tidak bisa memutuskan sesuatu. Tugasnyalah menyerahkan tugas kepemimpinan pada anggota lain yang berbakat di bidang itu, sedangkan dia hanya sebagai pengawas. Berencana untuk keluar dari agensi karna tak juga populer, dia dikumpulkan dengan 4 orang lainnya untuk didebutkan, dan menjadi lead vocal dari kebanyakan lagu Arashi. Ya, suara Ohno adalah warna dominan dalam lagu-lagu Arashi.

Ohno adalah unsur kedua terpenting, karna dia adalah warna dominan dalam karya-karya Arashi. Dia adalah raja seniman di Arashi. Suara Ohnolah yang dominan mewarnai lagu-lagu Arashi. Dibandingkan 4 orang lainnya, Ohno adalah penyanyi dan penari yang ditakdirkan sejak sebelum dilahirkan, ya, dia berbakat. 4 orang lainnya adalah orang biasa yang berusaha keras untuk bisa menjadi penyanyi dan penari professional, tapi Ohnolah yang berada jauh di depan sejak di garis awal dan sampai saat ini, di bidang utamanya Arashi ini. Dialah leader dalam vocal dalam kebanyakan lagu-lagu Arashi dan mendukung suara anggota-anggota lainnya. Dia juga koreografer dari semua penampilan solonya dan beberapa tahun terakhir telah dipercayakan memegang peran sebagai koreografer untuk beberapa penampilan Arashi. Dia juga desainer dari gambar kaos yang dipakai Arashi di sebuah acara amal televisi dan desainer gambar Arashi yang dijadikan logo pesawat JAL. Seperti gunung es, bakat-bakatnya terpendam di bawah permukaan air laut oleh kepribadiannya yang rendah hati, tenang, pendiam, penyabar, baik hati, peka, aneh dan kelihatan tidak bisa apa-apa diantara 4 orang lainnya. Ya, dialah unsur bakat seni gunung es-nya Arashi.

Unsur warna merah yang melambangkan keberanian dan kepercayaan diri, adalah unsur penting selanjutnya. Dia adalah leader de facto Arashi, Sakurai Sho, teladan dalam peraturan dan the king of study nya idol Jepang. Dia pionir idol-idol Jepang di agensinya untuk melakukan 3 hal yang belum pernah dilakukan oleh seorang idol di Jepang. Tanpa meninggalkan pekerjaannya yang sibuk sebagai idol, Sakurai menyelesaikan pendidikan tingginya di universitas swasta bonafit di Jepang, menulis beberapa part rap nya sendiri di lagu Arashi, dan menjadi pembawa berita dan MC acara-acara penting Jepang di TV. Lahir dari keluarga pengusaha dan pejabat yang berpendidikan tinggi, Sakurai dibesarkan untuk bisa menjaga sopan santun dan tidak meninggalkan pendidikan demi karir. Karna itulah dia menjadi idol yang disegani oleh juniornya.

Sakurai memegang peran penting dalam kepemimpinan di Arashi. Sakurai menjadi juru bicara dan host acara-acara Arashi termasuk konser. Meskipun dia adalah seorang anak dari keluarga yang terpandang dan terpelajar, di Arashi dia adalah Sakurai Sho yang banyak tak tau apa-apa. Di balik sisi kepemimpinannya dan kesuksesannya dalam pendidikan, dia juga dikenal sebagai rajanya gagal di Arashi. Dialah yang paling kaku dalam olahraga dan tari, punya kemampuan gambar yang menyeramkan, penakut pada banyak hal, dan punya selera fashion yang paling buruk di Arashi. Sakurai adalah pelawak di acara variety Arashi, yang paling banyak bicara dan paling banyak tertawa di Arashi. Itulah kenapa dia adalah unsur kepemimpinan yang fleksibel. Sisi terpelajar dan seriusnya ketika menjadi pembawa berita dan MC dibuangnya ketika bersama Arashi di acara yang santai. Dia dengan santainya tertawa paling banyak dan keras, dan tanpa malu-malu membicarakan banyak hal untuk ditertawakan. Dia jugalah rapper Arashi yang menulis beberapa bagian rapnya sendiri dan bertanggung jawab dengan bagian rap lagu-lagu buatan Arashi sendiri.

Unsur selanjutnya yang penting dan membuat kepopuleran Arashi meroket adalah warna hijau, simbol alam yang alami dan apa adanya, Aiba Masaki. Arashi adalah grup idol yang pekerjaan utamanya menyanyi. Tapi hanya dengan menyanyi dan berakting di TV tidak cukup membuat Arashi jadi seterkenal sekarang. Bagian terpenting Arashi yang membuatnya terkenal, sehingga sekarang Arashi dikenal sebagai ahli di bidang itu disumbangkan oleh kepribadian polos Aiba. Dia adalah Aibaka, Aiba bodoh. Variety Show, membawakannya adalah pekerjaan sampingan Arashi sebagai penyanyi dan penari. Tapi dari situlah kita mengenal Arashi yang apa adanya.

Aiba adalah rata-rata di Arashi. Dia bisa menyanyi, menari, berakting sebagai pemeran utama, tapi dia bukan yang terbaik. Yang terbaik dari Aiba adalah kepribadiannya yang optimis, ceria, dan polos. Aiba adalah penghibur sejati. Arashi dikenal sebagai grup lawak di variety show, dan Aiba adalah yang paling polos di situ. Aiba lah yang paling kekanakkan dan penyumbang segmen yang paling terkenal dan menarik di variety show Arashi karna ide keingintahuan-khas anak-anak nya. Sifat kekanakkan Arashi mungkin tidak akan bangun tanpa kehadiran Aiba. Aiba jugalah yang bertanggung jawab atas naiknya jumlah fans Arashi dari kalangan anak-anak. Anak-anak menyukai Aiba karena sifat polosnya di variety show, dimana dia menjadi co-host, tentang binatang yang populer di kalangan anak-anak. Aiba adalah simbol dari prinsip Arashi, “ayo kita nikmati dan tertawa saja”. Itu adalah prinsip Aiba dalam menjalani pekerjaannya dan menjadi prinsip Arashi juga. Dialah yang paling polos dan apa adanya ketika membicarakan sesuatu di depan layar TV, membuatnya dikenal sebagai yang paling bodoh di antara Arashi. Tapi itulah Aiba yang apa adanya dan tetap ceria, unsur hiburan yang alami, penyumbang sisi Arashi yang kekanakan dan menyenangkan.

Unsur terakhir yang tak kalah penting adalah unsur yang berada di balik layar, warna kuning. Simbol kecerdasan, Ninomiya Kazunari. Terkenal sebagai aktor yang berbakat (salah satu aktor paling berbakat di agensinya) dan punya kepribadian yang suka merendahkan orang lain. Ninomiya adalah pembelajar sejati. Dia mempelajari sepanjang perjalanan hidupnya apa yang penting bagi kehidupannya. Dia adalah raja argumen di Arashi. Rasional, kritis, mementingkan logika, realistis, manipulatif, dia sukses menjadi seorang professional di bidang komunikasi, bidang yang menjadi keahlian spesial Arashi untuk mengontrol variety show.

Ninomiya hidup tanpa idealisme yang dipegangnya kuat. Hidupnya adalah untuk hari ini, dan tujuannya adalah menyelesaikan dengan baik apa yang sedang dikerjakannya saat ini. Karna itulah dia menghabiskan waktunya untuk mempelajari apa pun yang berguna untuknya saat ini dan di masa depan. Hidupnya adalah belajar untuk menjadi ahli dan menikmatinya. Dia simbol dari prinsip Arashi untuk menjadi apa yang diinginkan para pendukung Arashi. Ninomiya hidup untuk ikhlas dikontrol oleh orang lain yang akan mendapat keuntungan dari itu, dan begitu pun dia mendapat keuntungan dari pekerjaannya. Acting adalah kemampuan terbaiknya yang sudah dia buktikan, dan menjadi composer lagu adalah keahlian lain yang dipelajarinya untuk Arashi. Dia telah membuat sebagian besar lagu solonya sendiri dan menjadi composer sebagian besar lagu-lagu karangan Arashi sendiri. Selain itu, Ninomiya dikenal juga sebagai pesulap yang semakin ahli. Tapi keahlian terpenting Ninomiya yang membawa Arashi menjadi idol spesialis variety show adalah kemampuannya mengontrol suasana percakapan di Arashi dan mencairkan jarak antara Arashi dengan tamu acara. Atas kemampuannya, Ninomiya diberikan tanggung jawab untuk membawakan sebuah acara sendiri, dengan dia sebagai MC utama yang harus kedatangan MC tamu setiap minggunya, menjadikan dia sebagai anggota Arashi pertama yang punya acara televisi sendiri dengan dia sebagai MC utamanya. Selain itu, kemampuan komunikasi dan bakat aktingnya, membuat Ninomiya dikenal sebagai yang paling pintar melawak dan lucu di Arashi. Majalah Hongkong bahkan pernah menobatkannya sebagai “the comedy guy”. Ninomiya adalah unsur komunikasi yang professional. Karna dia mengamati orang lain atau suasana dengan pandangannya yang tajam dan memperlakukannya dengan tepat.

Unsur terakhir yang paling mempengaruhi popularitas Arashi adalah para pendukung Arashi yang menikmati hari-harinya bersama lagu-lagu dan humor-humor Arashi. Pertanyaannya, kenapa kita suka Arashi? Mungkin karna kita pun lelah dengan ketegangan belajar atau pekerjaan, sehingga kita pergi mencari diri kita sendiri. Dan di Arashi kita menemukan diri kita sendiri yang apa adanya. Tapi tanpa 5 unsur penyeimbang Arashi, atau jika 5 unsur itu bergerak sendirian, Arashi tidak akan menjadi badai yang besar seperti sekarang.

Banyak yang bilang Arashi sudah tidak se-apa adanya dulu lagi. Satu-satunya alasan adalah bahwa Arashi telah mendewasa. Bahkan dengan kedewasaannya yang sekarang, Arashi masih tetap memperlihatkan sisi kekanakannya. Itu artinya meskipun imej Arashi berubah sesuai pendewasaan diri mereka, mereka tetap berusaha menjadi Arashi yang diinginkan oleh para pendukungnya, menjadi Arashi yang apa adanya.

1 komentar:

  1. Waahh sugoii na 😲
    Bagus bagus vi postingannya πŸ‘πŸ‘

    BalasHapus